Tradisi Unik Ramadhan di Indonesia

Tentunya tiap negara punya cara tersendiri dalam menyemarakan bulan suci bagi umat islam, Ramadhan. Seperti halnya juga di Indonesia. Sebagai negara dengan penganut agama Islam terbesar di dunia, Indonesia punya cara tersendiri yang sudah menjadi tradisi turun temurun dalam memeriahkan Ramadhan. Bahkan, tradisi unik tersebut cuma ada di Indonesia. Seperti apa?



Dikutip dari dream.co.id, berikut lima tradisi unik yang umumnya hanya ditemui selama bulan suci Ramadan di beberapa daerah di Indonesia.

1. ‘Pembangun’ Sahur

Tradisi unik ini sudah berlangsung sejak lama dan biasanya dilakukan lepas tengah malam hingga sepertiga malam terakhir. Kebiasaan warga membangunkan warga lainnya untuk menyiapkan kebutuhan makan sahur biasanya ‘dipersenjatai’ dengan beragam aksesori.

Sambil berkeliling, warga yang kebanyakan anak-anak biasanya memukul-mukul galon, kaleng, hingga panci bekas. Menariknya, selain berkeliling ada juga kebiasaan membangunkan sahur yang dilakukan menggunakan pengeras suara dan bedug di masjid.

2. Ngabuburit

Tradisi yang satu ini hanya ada di Indonesia. Ngabuburit merupakan istilah yang berasal dari bahasa Sunda yang berarti aktivitas yang dilakukan oleh seseorang untuk menghabiskan waktu menjelang berbuka puasa tiba.

Ada beragam aktivitas yang dilakukan saat sore hari menjelang malam. Seperti jalan-jalan ke pusat perbelanjaan, membeli makanan berbuka, tadarus Alquran hingga bersenda gurau dengan keluarga dan kerabat.

3. Buka Bersama

Buka bersama atau lebih dikenal dengan istilah ‘bukber’ seakan sudah menjadi tradisi tersendiri bagi masyarakat Indonesia. Selain menyantap menu berbuka puasa secara bersama-sama, bukber juga menjadi ajang silaturahmi bagi kerabat.

Kegiatan buka bersama biasanya dilakukan di rumah, restoran, panti asuhan, dan tempat lainnya.

4. Bazaar ‘Dadakan’ Ramadhan

Aktivitas yang satu ini sebenarnya juga ditemui di luar bulan Ramadan. Yang menjadikan bazaar Ramadan terasa unik karena akan banyak penjaja makanan yang mendadak menjual beragam takjil untuk berbuka puasa.

Tidak perlu lahan khusus berukuran luas untuk membuat bazaar Ramadan. Di berbagai sudut perumahan warga, sekitar masjid, hingga pinggir-pinggir jalan kerap digunakan sebagai lokasi berjualan oleh para pedagang ‘dadakan’. Dagangan utamanya, menu takjil untuk berbuka puasa.

5. Takjil Gratis

Tradisi membagikan takjil gratis saat sore hari jelang waktu berbuka umumnya dilakukan dengan menyasar para pengguna jalan.

Kegiatan yang dilakukan oleh banyak kalangan ini umumnya membagikan menu berbuka yang sederhana seperti kolak dan es buah. Keduanya merupakan menu berbuka puasa yang sudah identik dengan umat muslim di Tanah Air.

Sumber : http://terindeks.com/gaya/1408/5-tradisi-unik-ramadhan-khas-indonesia/