STADION-STADION TERMEGAH DI INDONESIA


Walaupun persepakbolaan di Indonesia mengalami pasang surut, bukan berarti semangat sepakbola nasional juga ikut pudar. Terlebih dengan adanya stadion-stadion 'wah' yang bertaraf internasional yang ada di Indonesia. Selain karena desainnya yang memang mengagumkan, sejarah dan (tentu saja) ukuran, juga menjadi bagian dari penilaian. Dan berikut 5 stadion termegah di Indonesia :

1. Stadion Utama Gelora Bung Karno - 88.083

Siapa yang tidak kenal dengan stadion yang satu ini. SUGBK adalah sebuah stadion serbaguna di Jakarta, Indonesia yang merupakan bagian dari kompleks olahraga Gelanggang Olahraga Bung Karno dan menjadi kebanggaan bangsa Indonesia.



Stadion ini dinamai untuk menghormati Soekarno, Presiden pertama Indonesia, yang juga merupakan tokoh yang mencetuskan gagasan pembangunan kompleks olahraga ini. Pembangunan dimulai pada tahun 1960 dan dibuka pada tanggal 24 Agustus 1962.



Setidaknya stadion ini telah sembilan kali ditunjuk di even tingkat internasional. Antara lain: tuan rumah Asian Games 1962, Sea games (1979, 1987, 1997, dan 2011), dan tuan rumah kualifikasi piala dunia 2014.

2. Stadion Utama Palaran - 50.000 - 60.000



Stadion Utama Kaltim atau sering disebut pula Stadion Utama Palaran adalah sebuah stadion serbaguna di Kota Samarinda, Kalimantan Timur yang merupakan bagian dari kompleks olahraga Kompleks Stadion Utama Kaltim. Dibangun untuk menghadapi PON XVII dan diresmikan oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada tanggal 18 Juni 2008. Coba lihat gambar stadion palaran dibawah ini. Saya yakin kata pertama yang anda katakan adalah "Wow..". (Eh, salah ya?)

3. Stadion Gelora Bung Tomo - 50.000





Stadion Gelora Bung Tomo, bagian dari Pusat Olahraga Surabaya, adalah sebuah stadion serbaguna yang terletak di Surabaya, Indonesia. Merupakan salah satu stadion terbesar di Indonesia yang dibuka pada tanggal 6 Agustus 2010 dan dapat menampung 50.000 penonton.

4. Stadion Gelora Sriwijaya - 40.000

Inilah stadion multifungsi terbesar ketiga di Indonesia setelah Stadion Utama Gelora Bung Karno dan Stadion Utama Palaran dan juga diakui sebagai salah satu stadion terbaik yang bertaraf internasional. Stadion dengan luas lahan sekitar 40 hektar ini dapat memuat hingga 36.000 - 40.000 orang dengan 4 tribun.



Dibangun pada tanggal 1 Januari 2001 untuk menghadapi PON XVI. Stadion yang menjadi markas Sriwijaya FC ini dipakai sebagai salah satu stadion yang menyelenggarakan pertandingan dalam Piala Asia 2007 sebagai pendamping Stadion Utama Gelora Bung Karno pada hari pertandingan ketiga dan juga perebutan tempat ketiga.Hasil verifikasi AFC menjadikan Stadion ini satu dari 3 stadion standar A AFC di Indonesia.



Kemegahannya begitu terlihat ketika menjadi tempat upacara pembukaan dan penutupan SEA Games 2011 di Palembang. Lihat saja gambar berikut:



5. GOR Aji Imbut 35.000



Terletak di desa Perjiwa, Tenggarong Seberang, Kutai Kartanegara, Kab. Kutai Kartanegara, provinsi Kalimantan Timur. Stadion ini dibangun sebagai sarana olahraga untuk PON XVII tahun 2008 dan menghabiskan dana Rp899 Miliar.

Beberapa fasilitas olahraga di GOR Aji Imbut yaitu lapangan sepak bola, gedung velodrome tertutup, gedung beladiri, arena equistrian (berkuda), stadion panahan, arena sepeda BMX, asrama atlet serta dilengkapi jaringan infrastruktur dan dipercantik dengan penataan taman dan plasa.

Nah, jadi siapa bilang kalau Indonesia memiliki sedikit stadion megah. Terlebih adanya stadion lainnya yang masih berstatus underconstruction. Hingga akhir tahun 2012 ini, setidaknya ada dua stadion megah yang direncanakan akan selesai, yaitu:

Stadion Utama Riau





Terletak di kota Pekanbaru, Riau. Stadion megah yang dapat menampung sekitar 40.000 penonton dan menelan biaya lebih dari Rp 1 Triliun termasuk fasilitas penunjang ini akan selesai pada pertengahan tahun 2012 ini. Disinilah tempat pembukaan dan penutupan Pekan Olahraga Nasional (PON) Riau 2012 pada bulan September nanti. Disini pulalah digelar pertandingan final cabang olahraga sepakbola.

Stadion Gedebage



Stadion yang akan jadi markas masa depan Persib ini terletak di kecamatan Gedebage, Jawa Barat. Uniknya, stadion yang memiliki kapasitas 40.000 kursi penonton tersebut memiliki desain atap tribun menyerupai alat musik tradisonal sunda. Penonton yang datang ke stadion Gedebage nantinya bisa menikmati permainan sang pujaannya, dengan duduk santai di atas kursi yang biasa ditemukan di bioskop. Saat penonton beranjak dari tempat duduknya, secara otomatis kursi tersebut akan melipat sendiri

Stadion yang dibangun di atas lahan seluas 24,5 hektare dan menghabiskan dana Rp 600 miliar ini dilengkapi dengan tribun, lapangan sepak bola, atletik, kantor, sirkulasi dan servis.

sumber