5 Permainan Populer Dalam Perayaan 17 Agustus

Tanggal 17 Agustus 1945 merupakan hari kemerdekaan Indonsia. Setiap tanggal tersebut seluruh warga Indonesia merayakan dengan suka cita, hari di mana diproklamasikan kemerdekaan RI oleh Proklamator Soekarno – Hatta 17 Agustus 1945.


Berbagai cara perayaan diadakan masyarakat. Suasanapun jadi meriah menandakan 17 Agustus  merupakan momen sepesial bagi bangsa Indonesia.

Berikut 5 kegiatan popular dalam perayaan 17 Agustus Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia.

1. Panjat Pohon Pinang


Entah kapan mulai ada permaianan panjat pohon pinang di tanah air. Jenis kegiatan ini, warga mendirikan pohon pinang yang telah dibersihkan kulitnya dan dilumuri pelicin.  Sementara di ujung bagian atas pinang disediakan berbagai hadiah. 

Ada dua cara permainan panjat pinang ini. Pertam permainan berkelompok dan kedua perorangan. Permainan berkelompok setiap anggota kelompom bekerja sama dengan tujuan bisa meraih hadiah yang disediakan di atas pohon pinang.

Sedangkan cara kedua, bersifat mandiri. Setiap peserta yang mampu naik ke ujung pinang, diperbolehkan mengambil satu hadiah.  Jenis hadiahpun beragam. Mulai makanan ringan hingga sepeda motor dan uang tunai.

Menjadi kemeriahan tersendiri dalam permainan ini, ketika para peserta bersebut ingin menjadi yang tercepat. Adakalanya peserta yang hampir sampai ke puncak, tiba-tiba terprosot lagi karena pinang sangat licin. 

Momen lucupun sering terjadi. Seperti jatuh bersamaan saling bertumpu, hingga celana peserta tertarik oleh peserta lainnya. 

2. Balap Makan Kerupuk


Permainan ini bisanya diikuti oleh perorangan. Cara permainan, kerupuk digantung pada tali berjejer tergantung kebutuhan. Sementara, tangan setiap peserta ditali ke belakang, mereka tidak bisa memegang kerupuk yang akan dimakan. 

Pemanang dari lomba makan kerupuk, jika peserta terbanyak menghabiskan kerupuk. Hadiahnyapun macam-macam. Mulai sekedar kerupuk satu bungkus hingga uang atau peralatan elektronik.

3. Lomba Balap Karung


Lomba ini tak beda dengan lomba lari. Namun setiap peserta kakinya berada dalam karung. Laripun tak bisa kencang karena karung nyangkut pada kedua kaki mereka. Sebenarnya tidak layak disebut lari melainakn lomba  loncat-loncat dalam karung seperti pocong dalam film horor. 

Momen lucu yang sering terjadi dalam perlombaan balap karung, peserta terjatuh atau beradu antara peserta lainnya. 

4. Lomba Dorong Kelereng


Permainan ini seringkali diadakan untuk anak-nak atau gadis remaja. Caranya, setiap peserta harus mendorong kelereng pada jarak tertentu dengan sebatang tongkat besar. Cara lain lomba kelereng, setiap peserta membawa kelereng dalam sendok yang digigit. 

Menjadi kelucuan, setiap peserta mengalami kesusahan  saat mendorong kelereng karena tongkat terlalu besar sementara kelereng sangat kecil. 

Sedangkan kelucuan dalam lomba bawa kelereng dalam sendok, peserta seringkali tak tahan godaan teman-temannya. Jika peserta tertawa, otomatis sendoknya akan bergoyang dan menyebabkn kelereng keluar dari sendok dan jatuh.

5. Lomba Memasukkan Paku pada Botol


Lomba ini cukup unik. Memasukkan paku pada botol bukan perkara mudah, karena tidak boleh dengan tangan. Caranya, paku diikat dengan benang. Lalu ujung ikatan benang yang satu ditalikan pada pinggang para peserta.   Peserta harus membungkuk membelakangi botol yang akan dimasuki paku tersebut. 

Demikian pembahasan 5 perlombaan yang sangat populer dalam setiap perayaan 17 Agustus di Indonesia. Berbagai daerah di tanah air memiliki permainan dalam perayaan 17 Agustus. 

Tentu saja hal itu menjadi kekayaan tradisi nasional di tengah keragaman dan kebersamaan dalam wadah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Sumber : http://anepaoji.blogspot.com/2014/08/5-permainan-populer-dalam-perayaan-17.html