Monumen Simpang Lima Gumul (SLG) - Kediri

Lokasi Monumen Simpang Lima Gumul (SLG) berada di Desa Tugurejo, Kecamatan Gampengrejo, Kabupaten Kediri, Jawa  Timur. Jaraknya sekitar 6 km arah timur dari Kota Kediri atau searah dengan jalan raya menuju kota Pare.

alamat slg kediri
Monumen Simpang Lima Gumul Nampak siang dan malam

Monumen Simpang Lima Gumul memiliki luas 804 m2 dan tinggi 25 m. Berada di tengah-tengah jalur jalan melingkar, yang merupakan persimpangan jalan menuju lima arah berbeda. Arah selatan menuju ke Wates/Gunung Kelud, Timur Ke Gurah, Utara ke Pagu, Timur laut ke Pare, dan arat Barat ke Kota Kediri.

alamat simpang lima gumul kediri
Lorong bawah tanah menuju Monumen SLG
Pintu Masuk dari Lokasi Parkir Kendaraan

relief sejarah kediri di monumen simpang lima gumul
Ukiran relief dan patung di beberapa titik

makanan yang dijual di simpang lima gumul kediri
Pasar Minggu Monumen Simpang Lima Gumul,
ramai pengunjung di akhir pekan

Monumen yang pembangunannya digagas oleh Bapak Sutrisno, bupati Kediri saat itu, menjadi ikon dan gerbang wisata menuju kabupaten Kediri. Selain itu juga menjadi sentra perekonomian untuk kemajuan wilayah Kediri. Seperti terlihat setiap akhir pekan, di sekitar area Monumen Simpang Lima Gumul, terdapat pasar minggu yang selalu rame dengan pengunjung.

Arc de triomphe nya Indonesia

Anda pernah ke Kota Paris? Di kota Paris terdapat monumen yang sangat terkenal, yaitu Arc de triomphe atau dalam bahasa Indonesia diartikan sebagai Gapura Kemenangan. Monumen Arc de triomphe terletak di bukit Chaillot dan berdiri di tengah area Place de I'Etoile, di ujung barat wilayah Champs-Elysees. Posisinya berada di tengah konfigurasi persimpangan jalan raya berbentuk bintang lima. Dibangun atas  perintah Napoleon Bonaparte dengan tujuan untuk menghormati jasa tentara kebesarannya.

arc de triomphe dan slg
Arc de Triomphe Paris dan Simpang Lima Gumul Kediri
Posisinya jika dilihat dari citra satelit

Nah untuk dapat menyaksikan keindahan dan kemegahan monumen Arc de triomphe dari dekat, sepertinya anda tidak perlu jauh-jauh ke Paris. Coba anda perhatikan bentuk dan posisi Monumen simpang lima gumul Kediri, sangat mirip. Saat anda berada disana, akan berasa sedang di Arc de triomphe Paris. Tak perlu ongkos mahal dan perjalan jauh, sudah bisa menikmati kemegahan dan keindahan  Arc de Triomphe dari dekat, ala Kediri. 

kesamaan simpang lima gumul dan arc de triomphe paris
Arc de Triomphe Paris dan Simpang Lima Gumul Kediri

Seperti gambar diatas, dari bentuk dan posisinya bisa dibilang memiliki citarasa seni serupa. Istilah kata “Tak lihat Arc de Triomphe, Simpang Lima Gumul pun jadi”, miripkan? Buruan yang ingin berwisata ke Paris lewat Kediri.

Sumber:
Lokasi Monumen Simpang Lima Gumul Kediri
http://wongcrewchild.blogspot.com/2015/01/monumen-simpang-lima-gumul-slg-kediri.html