6 TAMAN KOTA HIJAUKAN SURABAYA

Surabaya baru-baru ini mendapat beberapa penghargaan, diantaranya Adipura Kencana, Adiwiyata dan Kalpataru. Tri Rismaharini, Wali Kota Surabaya menerima penghargaan Adipura Kencana untuk kategori Kota Metro dari Presiden Susilo Bambang Yudhoyono beberapa waktu lalu.

Ini bukan pertam kalinya Surabaya mendapatkan penghargaan di bidang lingkungan. Setiap tahun Surabaya selalu mendapatkan penghagaan, tidak hanya dari dalam negeri, penghargaan juga didapat dari luar negeri. PBB di bidang lingkungan pernah menganugerahi award of excellent bidang pengelolaan lingkungan. 

Tahun 2012 lalu, Surabaya juga mendapatkan penghargaan internasional kategori partisipasi terbaik se-Asia Pasifik yang tergabung dalam organisasi Citynet. Sebab, Kota Surabaya merupakan salah satu kota yang seluruh elemen warganya terlibat dalam mewujudkan lingkungan yang bersih.

Penghargaan untuk kategori lingkungan di Surabaya, tak terlepas dari adanya taman-taman kota yang ikut menjadikan Surabaya terlihat lebih hijau. Surabaya saat ini mempunyai Ruang Terbuka Hijau (RTH) sebanyak 22,26 persen atau 171,68 hektar dari total luas wilayah kota.

Upaya pelayanan Ruang Terbuka Hijau (RTH), juga sedang digencarkan oleh dinas Kebersihan dan pertamanan Kota Surabaya saat ini. Banyaknya lahan-lahan kosong di tengah kota, kini dijadikan taman kota dan hutan kota. Ada puluhan taman kota yang dimiliki Kota Surabaya, tapi kali ini akan dibahas 6 saja yang paling banyak diminati. 6 Taman kota yang paling terkenal di antara puluhan taman kota yang dimiliki Surabaya.

Berikut 6 taman kota yang menghijaukan Kota Surabaya:

1. Taman Bungkul


Taman yang paling banyak dikjunjungi oleh masayarakat Surabaya ini berada di Jalan Protokol Raya Darmo. Taman yang mempunyai luas 900 m2 ini punya konsep sport, education, dan entertainment. Taman ini juga dilengkapi berbagai fasilitas, seperti skateboard dan sepeda track, jogging track, plaza (sebuah open stage yang bisa digunakan untuk live performance berbagai jenis entertainment), akses internet nirkabel (Wi-Fi atau Hotspot), telepon umum, arena green park seperti kolam air mancur, dan area pujasera.

Diresmikan sejak 21 Maret 2007, Taman Bungkul menjadi tempat kumpul-kumpul favorit warga Surabaya, mulai dari anak muda sampai orang-orang tua yang telah keluarga. Setiap malamnya, taman yang diambil dari nama Mbah Bungkul (di area taman terdapat makam Mbah Bungkul) ini tidak pernah sepi. 

2. Taman Flora


Asri, hijau, teduh seperti itulah kata yang tepat untuk menggambarkan taman yang berlokasi tak jauh dari Terminal Bratang Surabaya ini. Taman Flora ini memiliki luas 2,4 Hektar yang terletak di eks Kebon Bibit, Bratang Surabaya. 

Tak hanya rindang dan hijau, taman yang diresmikan Agustus 2007 ini memang banyak terdapat ratusan jenis pohon. Tak hanya tanaman, taman yang disebut juga dengan Tekno Park ini juga terdapat beberapa kandang fauna, sebut saja kandang rusa Tutul, rusa Bawean, sangkar burung berukuran cukup besar dan kolam ikan beserta air mancur.

3. Taman Prestasi


Di Taman seluas 6.000 m2 ini kita dapat menyaksikan replika penghargaan yang pernah diraih Kota Surabaya, seperti Wahana Tata Nugraha, Adipura Kencana, dan lain-lain. Maka itu taman ini mendapat sebutan taman Prestasi.

Taman yang berada di jalan Ketabang kali Surabaya ini dihiasi sekitar 21 jenis tanaman sehingga terasa nyaman untuk melepas penat. Hal ini menjadi cocok buat anak-anak karena dapat bermain sambil belajar mengenal lingkungannya. Taman Prestasi juga dilengkapi panggung terbuka, panggung teater, dan sarana permainan anak. Tak hanya itu, karena letaknya berada di pinggir Kalimas, pengunjung bisa menikmati petualangan menyusuri Kalimas dengan perahu naga atau perahu dayung.

4. Taman Apsari


Taman Apsari adalah taman yang letaknya depan kantor Gubernur Jawa Timur, Gedung Grahadi. Memiliki luas 5.300 meter persegi, taman yang di dalamnya terdapat terdapat Patung Suryo dan Joko Dolog ini dilengkapi dengan kurang lebih 20 jenis bunga. 

Karena letaknya yang berada di tengah kota, taman ini tak pernah sepi di malam hari dan banyak anak muda menjadikan taman peninggalan Belanda ini sebagai tempat berkumpul yang asyik. 

5. Taman Pelangi


Jika melewati jalan A Yani Surabaya, sempatkan beristirahat sejenak di area ini. Taman yang sangat menarik dengan air mancurnya ini tak bisa kita lewatkan ketika melewati jalan A Yani Surabaya. Taman yang tepat berada di depan Kantor Bulog ini akan lebih cantik ketika malam hari. Lampu-lampu berwarna-warni menyerupai pelangi ini indah dengan gemericik air mancur.

6. Taman Lansia


Taman bekas sebuah SPBU di Jalan Kalimantan Surabaya ini memang unik. Dari namanya saja kita mengenal dengan Taman Lansia. Taman yang memang diperuntukkan untuk para lanjut usia. 

Beragam tanaman dan bunga cantik menghiasi taman ini. Selain itu juga tersedia track yang khusus dibuat untuk kenyamanan kursi roda para lansia. Ada pula tempat duduk untuk pengantar saat menemani para lansia menikmati suasana kota di pagi atau sore hari. Kesejukan suasana di taman ini kian segar oleh keberadaan air mancur di tengah taman seluas 2.000 m2 ini. (Ibnu Anshari)

*Ibnu Anshari adalah pewarta warga dari Surabaya.
Sumber : http://news.liputan6.com/