Hi, guest ! welcome to Indonesia Punya Cerita. | About Us | Contact | Register | Sign In

Saturday, July 6, 2013

JEMBATAN KAHAYAN - IKON KOTA PALANGKARAYA

Jembatan Kahayan terletak di kota Palangkaraya, Kalimantan Tengah. Jembatan Kahayan dikenal sebagai ikon kota Palangkaraya. Dibangun di atas sungai Kahayan, menghubungkan kota Palangkaraya dengan empat kabupaten di daerah aliran sungai Barito, yaitu: kabupaten Barito Selatan, Barito Timur, Barito Utara dan Murung Raya. Jembatan Kahayan dibangun pada tahun 1995 dan selesai pada tahun 2001, kemudian diresmikan oleh Presiden Megawati Soekarnoputri pada tanggal 13 Januari 2002. Batu peresmian jembatan ini terletak di wilayah Pahandut sebelah utara kaki jembatan. 





Panjang jembatan ini adalah 640 meter dan lebar 9 meter, sedangkan panjang busur 150 meter serta ketinggian busur 36 meter ini memiliki warna merah. Apabila tidak memiliki busur, jembatan ini tampaknya akan sama seperti jembatan lain di Kalimantan dengan rangka dasar persegi berwarna kelabu. 

jembatan kahayan palangkaraya

Jembatan Kahayan Kalteng menjadi tempat favorit warga untuk bersantai sambil menikmati pemandangan sungai Kahayan di bawahnya. Jadilah jembatan ini sebagai tempat wisata yang murah bagi warga kota Palangkaraya. Tidak hanya warga setempat, warga yang datang ke jembatan ini juga adalah warga kota lain yang sedang beristirahat setelah melakukan perjalanan jauh.

Selain menikmati pemandangan dan semilir angin, di atas jembatan ini juga banyak pedagang yang mangkal menjajakan makanan dan minuman. Biasanya banyak pedagang pentol (bakso), minuman ringan dan keripik singkong.
Share this article now on :

Post a Comment