WISATA ARUNG JERAM - SUNGAI NIMANGA


Sungai Nimanga adalah salah satu sungai di Sulawesi Utara. Terletak di Desa Timbukar, Kabupaten Minahasa, Sulawesi Utara, sungai ini akan memberikan sensasi berarung jeram yang berbeda. Untuk mencapai Sungai Nimanga, pengunjung bisa menggunakan kendaraan umum atau pribadi dari Manado-Timbukar, dengan waktu tempuh 3 jam.



Berarung Jeram Di Sungai Nimanga

Yang menjadi nilai lebih Sungai Nimanga adalah banyaknya tingkatan jeram yaitu ada 5 tingkatan jeram. Jumlah jeramnya yang bisa menjadi 6 saat musim hujan tiba, menjadi daya tarik tersendiri. Meskipun memiliki tingkatan jeram yang cukup banyak, Sungai Nimanga tetap aman untuk diarungi para amatir, karena masih banyak lokasi dengan arus datar. Salah satu hal yang tidak bisa dihindari saat berarung jeram adalah perahu yang terbalik. Jika hal ini terjadi, Anda tidak perlu khawatir karena pemandu akan membantu. Selain itu, upaya penyelamatan juga akan mudah dilakukan karena Sungai Nimangan memiliki lokasi berarus tenang.

Lama waktu untuk mengarungi Sungai Nimanga sekitar 5-6 jam untuk pengarungan 35 km. Jika lelah di tengah kegiatan, Anda bisa beristirahat di tepi sungai sambil menikmati keindahan alam. Berbagai jenis burung akan menyambut dengan kicauannya. Tidak hanya itu, jika beruntung Anda bisa bertemu dengan Macaca nigar (monyet khas Sulawesi) dan Tarsius.

Di akhir perjalanan, Anda dapat melihat keindahan Taman Nasional, tak lupa atraksi ikan duyung dugong di tengah lebatnya mangrove. Jika lapar, tak jauh dari titik api ada restoran yang menyediakan hidangan ikan mas bakar, sayur kangkung dan sambal khas Sulut, yaitu dabudabu.



Source: detik.com
link