5 PESONA BANDUNG


Sejak dibukanya Jalan Tol Cipularang, kota Bandung telah menjadi tujuan utama dalam menikmati liburan akhir pekan terutama dari masyarakat yang berasal dari Jakarta sekitarnya. Selain menjadi kota wisata belanja, kota Bandung juga dikenal dengan sejumlah besar bangunan lama berarsitektur peninggalan Belanda, diantaranya Gedung Sate, Gedung Pakuan, Gedung Merdeka samapai  Villa Isola yang begitu terkenal. Berikut 5 pesona Bandung di mata warga Jakarta:

1. Kuliner

Kota Bandung memang dikenal sebagai Surga Kuliner bagi para penikmat kuliner Jakarta. Hal ini bukanlah kondisi menguntungkan yang terjadi belakangan ini. Jauh sedari baheulapun, Bandung memang sudah menawarkan cita rasa kuliner yang menggoda bagi para pendatang. Berbagai aneka jajanan khas Bandung mulai dari bajigur, bandrek, yogurt, cireng dan surabi, sampai lotek, batagor, mie baso, hingga hidangan kelas wahid lainnya, tumplek semua ada di Bandung. Masih ingat dengan fenomena molen keju, brownis kukus sampai kripik super pedas beberapa tahun lalu? Semuanya adalah sebagian kecil jajanan kuliner Bandung yang begitu terkenal dikalangan warga Jakarta.



2. Shoping

Sejarah mencatat, kawasan Jalan Braga Bandung semasa jaman kolonial lalu, sudah menjadi lokasi belanja fashion paling kesohor se-Nusantara. Makanya tak heran, jika hal seperti itu terjadi pula kini. Lihatlah puluhan Factory Outlet yang berderet rapih di ruas-ruas jalan ternama Bandung, belum lagi pilihan Distro yang menawarkan gaya busana muda nan trendy karya desainer muda Bandung. Selain itu butik-butik, hingga pasar tradisional seperti “cimol” dan tentunya Pasar Baru yang begitu digandrungi warga sebrang dari negeri Jiran Malaysia dan Singapura, semuanya mencerminkan Bandung sebagai lokasi tujuan shoping yang cukup menggiurkan pastinya.



3. Panorama

Konon katanya, tanah Priangan nan jelita, diciptakan ketika Tuhan tersenyum. Berangkat dari situ, janganlah heran jika tatar Parahyangan memiliki panorama indah yang memikat. Begitupun dengan Kota Bandung. Kota yang berjuluk Kota Kembang ini, dikelilingi deretan gunung terkenal. Begitu banyak tujuan lokasi wisata alam yang bisa ditawarkan pada para pengunjung di Bandung. Ke arah utara, kita bisa dengan cepat menemui kota satelit Bandung (Lembang) sambil menikmati Maribaya, Gunung Tangkuban Perahu sampai pemandian Air panas Ciater. Lain halnya kearah selatan. Hamparan perkebunan teh dan strawbery, juga panorama kawah putih, danau Patengan sampai Pangalengan bisa menjadi lokasi favorit para warga Ibukota.



4. Suasana

Orang Belanda, menyebut Bandung sebagai Parijs van Java. Alasannya, karena Bandung memiliki tata kota dan juga cuaca yang mirip  dengan Kota Paris Selatan di musim panas. Kota Bandung merupakan kota peninggalan kolonial yang paling banyak menyimpan taman-taman kota yang indah. Belum lagi deretan pepohonan tua yang “memagari” jalanan Bandung, ditambah kontur berbukit yang menjadikan Bandung sebagai kota yang tidak membosankan. Memang sih, jangan disamakan keadaan Bandung dulu dengan dijaman sekarang. Tapi setidaknya, sisa-sisa keemasan Parijs van Java masih bisa dinikmati warga pendatang terutama dari Jakarta yang tiap akhir pekan doyan mengunjungi Bandung.



5. Muda-Mudi

Barudak Bandung memang terkenal kreatif. Coba deh Anda mulai menghitung. Berapa banyak artis papan atas Indonesia, yang berasal dari Kota Bandung. Hal itu setidaknya membuktikan betapa kreatifnya muda-mudi Bandung dalam beratifitas. Satu lagi yang enggak kalah penting, Bandung juga dikenal karena mudi-mudinya yang terkenal cantik-cantik. Wow!



sumber berita