NASI GEMUK, MAKANAN KHAS JAMBI



Hampir di tiap daerah di indonesia memiliki kuliner atau makanan khas masing-masing, tetapi tidak jarang ada beberapa makanan yang sama dengan nama yang berbeda dan inilah yang akan coba saya haadirkan kali ini. nama makana ini adalah nasi gemuk, salahsatu makanan khas jambi yang secara umum sama dengan nasi uduk atau juga sego gurih dan entah kenapa di berinama nasi gemuk saya belum tau itu.

Jika sebelumnya saya sudah hadirkan beberapa khas jambi yang terbilang makanan “berat” seperti tempoyak maka kini giliran saya akan hadirkan nasi gemuk yang terbilang ringan. Makanan ini sangat cocok untuk di jadikan menu sarapan dan memang inilah yang terjadi di jambi, bisa dibilang jika di daerah jawa timur menu sarapan andalan adalah pecel maka di jambi menu sarapan andalan adalah nasi gemuk.

Jika di jakarta nasi uduk biasa di santap bersama dengan emping melinjo maka hal ini tidak terjadi di jambi, nasi uduk jambi atau nasi gemuk disantap dengan kerupuk saja dan mungkin inilah sedikit perbedaan antara nasi uduk dan nasi gemuk selain rasanya yang pasti berbeda karena beda daerah pasti beda selera walaupun bumbu dasarnya sama.

Sama seperti nasi uduk bahan dasar untuk membuat nasi gemuk adalah beras, santan, daun pandan, daun salam, dan daun jeruk serta beberapa rempah-rempah lainnya. Untuk lengkapnya silahkan lihat resep dan cara membuat nasi gemuk disini. pada dasarnya sama dengan bahan dasar dari nasi uduk hanya saja sedikit perbedan ada pada pelengkapnya saja.

Jadi saat anda sedang berada di jambi rasanya anda harus mencoba menu sarapan ini, dan kalau anda datang saat mala hari tidak usah khawatir karena ada beberapa warung nasi gemuk yang masih buka. Apalagi inikan lagi mau musim mudik kan, jadi buat yang akan melintasi jambi anda bisa mampir di beberapa warung yang menyediakan menu ini.

sumber