WISATA KEREN DI SEMARANG



Dibandingkan Yogyakarta atau Solo, Semarang mungkin memang tak seterkenal mereka. Namun, Kota Semarang pun tak kalah menarik dengan Kota-Kota tujuan wisata di Pulau Jawa. Semarang lebih dikenal sebagai kota perdagangan. Namun akhir-akhir ini, icon wisata Semarang pun mulai digemari oleh banyak wisatawan melalui langkah awal pemerintah Kota Semarang pada program Visit Semarang 2010, Semarang berusaha menarik wisatawan baik asing maupun domestik untuk datang kesana. Ada beberapa objek wisata menarik di Semarang, mulai dari wisata religi, wisata belanja, wisata sejarah, hingga wisata kuliner. Nah, berikut beberapa tempat wisata menarik di Semarang:

Kompleks Tugu Muda, Lawang Sewu dan Tugu Mandala Bakti
Tugu Muda dan Lawang Sewu merupakan simbol dari Kota Semarang. Tugu Tugu Muda adalah tugu berbentuk lilin di mana pada dindingnya terdapat relief cerita perjuangan  Peringatan Pertempuran Lima Hari di Semarang. Sedangkan Lawang Sewu merupakan salah satu bangunan yang menjadi saksi sejarah di Semarang. Lawang Sewu merupakan bangunan perkantoran perkeretaapian pada zaman Belanda. seperti namanya, bangunan ini memiliki seribu pintu (lawang dalam bahasa Jawa adalah pintu, sedangkan sewu adalah seribu). Suasana lorong-lorong Lawang Sewu masih berhawa angker dan mistis. Namun hal inilah yang sering mengundang penasaran para wisatawan untuk mengunjunginya. Sedasngkan Tugu Mandala Bakti adalah museum yang menyimpan barang-barang sejarah saat perjuangan revolusi seperti alat-alat tempur. Kawasan Tugu Muda Mandala Bakti dan Lawang Sewu terdapat dalam satu kompleks di sekitar Tugu Muda. Lokasi ini menarik untuk dikunjungi di malam hari karena wisatawan bisa mencoba paket wisata malam juga di kawasan Lawang Sewu.

Pusat Belanja Simpang Lima dan pusat Oleh-Oleh Pandanaran
Di tempat ini, pengunjung Kota Semarang bisa berbelanja berbagai oleh-oleh khas Semarang. Di kawasan ini merupakan pusat belanja modern Semarang dimana terdapat tiga mall besar dan beberapa pertokoan yang terdapat di sekitar Simpang Lima, Semarang. Jika hari libur tiba, kawasan Simpang Lima Semarang terdapat pasar rakyat yang menjual berbagai barang dengan harga yang murah. Yang tak boleh ditinggalkan disini adalah makanan tahu gimbal dan nasi ayam. Tak jauh dari Simpang Lima ada Jalan Pandanaran dimana di jalan tersebut banyak tempat yang menjual oleh-oleh khas Semarang seperti bandeng presto, wingko babat dan lain-lain.

Kawasan Kota Lama Semarang
Tempat ini biasa dikenal dengan Venesia Van java karena arsitektur-arsitekturnya yang bergaya Belanda. di tempat ini kita bisa merasakan sensasi seperti halnya di zaman dahulu. Ada beberapa bangunan yang terkenal di kawasan ini yaitu Gereja Belenduk Semaran, Gerja Marabunta, dan Stasiun Tawang. Pengunjung juga dapat menikmati sensasi bersepeda ataupuna jalan kaki untuk menyusuri lorong-lorong gedung tua. Namun, pengunjung harap waspada ketika musim hujan karena daerah ini sering menjadi daerah langganan banjir rob.

Pantai Marina dan Pantai Maron
Daerah wisata selanjutnya adalah daerah pesisir pantai yang cukup ramai dikunjungi warga Semarang. Tempat ini juga sering digunakan sebagai tempat rekreasi keluarga. Walaupun fasilitas di tempat ini masih sangat minim namun masih bisa dijadikan sekedar tempat nongkrong dan hang out dengan teman ataupun orang yang spesial.

Masjid Agung Jawa Tengah
Tempat ini merupakan salah satu kawasan wisata religi di Semarang. Masjid yang dikenal orang dengan MAJT ini merupakan masjid kebanggan warga Jawa Tengah. Masjid ini merupakan masjid besar yang sangat modern. Mashid ini telah dilengkapi dengan payung elektrik seperti halnya Masjid Nabawi di Madinah. Selain itu, masjid ini juga dilengkapi dengan menara Asmaul Husna setinggi 99 meter. Dari masjid ini, pengunjung bisa melihat Kota Semarang dengan sangat jelas.

Pagoda dan Vihara Watu Gong
Pagoda ini merupakan satu-satunya pagoda di Indonesia yang dibangun dengan menggunakan tenaga dari luar Indonesia. Maka tak heran jika warga Semarang sangat bangga dengan pagoda ini. pagoda ini masuk dalam kompleks peribadatan umat Budha di Vihara Watu Gong. Vihara Watu Gong merupakan vihara besar dengan fasilitas lengkap untuk beribadah. Tempat ini juga dibuka untuk umum. Pagoda dan Vihara Watu Gong ini juga merupakan simbol toleransi umat beragama di Semarang.

Kelenteng Sam Poo Kong
Ketika masuk ke dalam kawasan kelenteng ini pengunjung akan bertemu dengan suasana seperti layaknya di film-film kolosal mandarin. Walaupun telah dipugar, vihara ini justru semakin bertambah bagus dan megah dengan ornamen-ornamen yang akan mengingatkan kita pada zaman kekaisaran Cina. Hal yang paling terkenaal dari tempat ini adalah terowongan atau lorong di bawah kelenteng dimana dinding-dindingnya terdapat relief cerita perjalanan Laksamana Ceng Ho sampai di Tanah Jawa.

Museum Ronggowarsito
Museum ini terletak di kawasan Bundaran Kalibanteng dekat dengan andara Ahmad Yani Semarang. Museum ini merupakan museum yang bertema tentang kehidupan sosial, perjuangan kemerdekaan dan juga IPTEK di wilayah Jawa Tengah. Di dalam museum ini terdapat benda-benda bersejarah, antik, dan unik. Beberapa benda yang biasanya menjadi pusat perhatian umum adalah Boneka Nini Thowok dan jelangkung yang penuh dengan aroma mistis. Tempat ini sangat cocok dikunjungi bersama keluarga atau kunjungan wisata pendidikan.

Museum Rekor Jamu Jago dan Taman Tabanas
Museum rekor ini merupakan salah satu tempat unik di Semarang. Di museum ini terdapat berbagai benda-benda hasil rekaman rekor di Indonesia dari hal yang paling unik baik yang sudah lama maupun yang paling terkini. Di museum ini kita juga dapat masuk dan melihat produksi jamu langsung dari pabriknya. Museum ini terletak di Semarang Selatan atau di daerah dataran tinggi Semarang. Tak jauh dari sana kita juga bisa melihat Taman Tabanas. Di taman ini terdapat Tugu Tabanas atau tugu dengan simbol tabanas di puncaknya. Taman ini terletak di lereng perbukitan Gombel, Semarang dari sini, kita juga bisa melihat  seluruh kawasan Semarang dari kota hingga ke lautan serta kawasan luar Semarang. Kawasan ini sangat menarik untuk dikunjungi di malam hari karena pengunjung bisa menikmati indahnya.

Kebun Binatang Mangkang Semarang
Kebun binatang ini merupakan kebun binatang lama di Semarang yang terletak di daerah Tinjomoyo. Kawasan ini kini juga menjadi tempat perang-perangan atau paint ball. Koleksi binatang di kebun binatang ini tidak cukup banyak, namun tempat ini sering dikunjungi anak-anak baik itu bersama keluarga maupun anak-anak sekolah yang ingin menghabiskan libur atau sengaja belajar tentang binatang di kebun binatang ini.

Selain tempat-tempat wisata ini, masih ada beberapa tempat wisata lain di Semarang yang bisa dikunjungi, antara lain: Taman lele, Taman Budaya Raden Saleh, Goa Kreo, Wonderia, Pasar Semawis, dan lain-lain.

sumber