Hi, guest ! welcome to Indonesia Punya Cerita. | About Us | Contact | Register | Sign In

Monday, November 19, 2012

TEMPAT WISATA TERBAIK DI YOGYAKARTA



Jogja, kota pelajar, kota penuh keistimewaan dengan berbagai tempat wisata didalamya, mulai dari wisata sejarah, wisata alam, wisata kuliner , wisata edukasi sampai dengan tempat hiburan yang menarik ada disini.  Berikut adalah 10 tempat wisata yang ada di Jogja yang harus anda kunjungi, yang mempunyai keistimewaan dan begitu dikenal  oleh wisatawan dalam negeri maupun wisata mancanegara, tempat wisata itu adalah:

1.Candi Borobudur



Candi borobudur, mahakarya terbaik yang pernah menjadi 7 keajaiban dunia, bangunan candi Budha yang begitu megah, tempat favorit dan tujuan utama wisatawan dalam negeri dan wisatawan mancanegara, foto dan keahlian fotografi anda akan tertantang di candi yang dibangun pada abad 8 dan 9 pada masa pemerintahan wangsa syailendra yang miliki bangunan yang begitu istimewa dan begitu dikenal oleh wisatawan asing dan bangsa- bangsa didunia dengan bangunan enam teras berbentuk bujur sangkar diatasnya terdapat 3 pelataran melingkar, Dinding dihiasi dengan relief sebanyak 2672 panel dan sebanyak 502 Arca Budha. Stupa utama terletak di tengah tengah dan merupakan yang terbesar, dikelilingi 72 stupa berlubang yang didalamnya ada arca Budha yang tengah duduk bersila. Candi Borobudur menjadi salah satu tempat yang harus anda kunjungi saat berkunjung ke Yogyakarta.

2. Malioboro



Berkumpulnya seniman- seniman berbagai universitas, tempat berkumpulnya aksesori dan berbagai pernak pernik, tempat berkumpulnya wisatawan, dan tempat berkumpulnya penjual dan pembeli, itulah gambaran tempat yang begitu istimewa Malioboro, tak pernah sepi dari wisatawan dari pagi sampai malam datang. Malioboro merupakan tempat favorit wisatawan mancanegara dari berbagai Negara maupun wisatawan lokal, di tempat wisata ini para wisatawan bisa menemukan berbagai hal unik sampai hal yang menakjubkan, mulai dari beribu jenis barang yang ditawarkan, dari yang kecil sampai yang besar,dari ribuan sampai ratusan ribu rupiah, para wisatawan juga bisa menemukan berbagai kesenian daerah yang dimainkan oleh para mahasiswa kesenian di Jogja, mulai dari peragaan alat musik tradisional angklung sampai dengan kesenian budaya lainnya. Malioboro tempat yang harus anda kunjungi saat berada di Yogyakarta, tak lengkap liburan anda kejogja tanpa datang ketempat wisata kebanggaan kota Yogyakarta.

3. Gembira Loka Zoo



Kebun binatang terbesar dipulau jawa, dengan berbagai jenis flora dan fauna yang bisa anda pelajari tentang kehidupan dan habitatnya, mulai dari kelompok Mamalia seperti Beruang Madu, Gajah Asia, Harimau Sumatera, Kuda nil, Orang Utan, Rusa Tutul, Sapi Bali , Tapir, Unta , Wallaby dan Zebra. Kelompok Burung seperti Elang Bondol, Julang Emas, Kaka Tua, Merak Hijau dan  Nuri Bayan. Kelompok Reptil Seperti Biawak Naga,Biawak Pohon , Chameleon, Kaiman Kerdil, Kepala Ceri, Kura- Kura Leopard,Kura- Kura Radiata, Kura- kura Sulkata, Kura- Kura Terapin, Monitor Pohon, So Layar Ambon, Viper Gabon dan Viper Vagleri. Kelompok Amfibi seperti Katak Badut Afrika, Katak Bibir Putih, Katak Pacman, Katak Pesek, Katak Tanduk dan Katak Tomat. Dan Kelopok ikan Seperti Arapima Rakasasa, Ikan Discus, Ikan Niasa, Ikan Red Devil, Patin Albino, dan Piranha, Bisa Anda nikmati semuanya di Gembira Loka. Selain kelengkapan fauna yang bisa anda lihat, digembiro loka anda juga bisa menikmati berbagai fasilitas, seperti becak air, perahu danau buatan, foto bersama ular,gajah dan unta tunggang, terapi ikan, perahu senggol, perahu boat, perahu banana, kereta mini, yang tentunya bisa anda nikamti di dembira loka zoo.

4. Raminten



Unik , sederhana tapi mewah, tradisional dan luar biasa, itulah rumah raminten, rumah dari berbagai masakan, minuman dan makan unik, dan tak cuma unik rasanya pun begitu istimewa. Rumah raminten merupakan tempat makan dan cafĂ© yang unik, nama- nama makanan ataupun minuman yang belum pernah anda dengar sebelumnya ditempat makan manapun dari makanan tradisional sampai makanan modern dan mewah bisa anda cicipi disini, mulai dari es susu perawan, es purworukmi, es gajah ndekem, cunduk raminte ayam koteka, jangkrik keju, satelit dan masih banyak makanan yang aneh- aneh lainnya yang tentunya rasa dan lezatnya tak perlu diragukan lagi, sambil ditemani alunan musik jawa, makan andapun akan terasa lebih nyaman.  Rumah raminten bisa anda temukan diberbagai tempat di Yogyakarta, di lantai tiga mirota batik malioboro, di kota baru ,di jalan FM Noto no.7,Yogyakarta, dan dijalan kaliurang Yogyakarta.

5. Candi Prambanan



Situs Candi Hindu yang terbesar di Indonesia dan Sudah ditetapkan UNESCO sebagai cagar budaya dunia sejak tahun 1991. Bagunan candi yang sangat luar biasa, Struktur candi ini menggambarkan secara jelas kepercayaan dalam agama Hindu, yakni TRIMURTI maka Candi ini memiliki 3 Candi utama yang melambangkan hal tersebut.  Ketiga candi terbut adalah Candi Wisnu, Candi Brahma, dan Candi Siwa yang semuanya menghadap ke Timur.Masing- masing candi utama memiliki satu candi pendamping yakni Garuda untuk Candi Wisnu, Angsa untuk Candi Brahma dan Nandini untuk candi Siwa. Setiap candi utama juga memiliki 2 candi apit, 4 candi kelir, dan 4 candi sudut. Sedangkan pada halaman terdapat 224 candi.Candi Siwa merupakan candi yang tertinggi dan terdapat 4 ruangan, ruangan utama berisi Arca Siwa, kemudian Arca Durga (istri Siwa juga disebut sebut sebagai arca Putri Roro Jonggrang), Agastya (guru Siwa), dan Ganesha (putra Siwa). Sedangkan disebelah selatan Candi Siwa ada Candi Brahma yang terdiri dari satu ruangan saja berisi Arca Brahma demikian juga disebelah utaranya adalah Candi Wisnu disini juga terdirti satu ruangan saja yang berisi Arca Wisnu. Candi Prambanan merupakan tempat selalu dituju wisatawan saat berkunjung di Yogyakarta.

6. Pantai Parangtritis



pantai yang begitu elok dengan segala keindahannya, ombak yang besar dan angin yang kencang selalu menerpa tubuh kita. Namun bagi anda yang ingin berenang dipantai ini tidak boleh begitu jauh dan tidak boleh melewati batas aman. Pantai yang penuh mitos didalamny dimana pantai parangtritis merupakan kerajaan dari Ratu Pantai Selatan “ Nyi Roro Kidul” sosok gaib yang merupakan penguasa laut selatan, walaupun begitu pantai ini menjadi tempat favorit bagi para wisatawan mancanegara dan wisatawan lokal, untuk menikmati sunset dan bercanda tawa dengan teman dan pasangan, tentunya ini menjadi hal yang romantis dan harmonis bagi anda. Ataupun bisa anda jadikan tempat berkumpul bersama keluarga, angin yang kencang bisa gunakan  untuk menerbangkan layang- layang, tentunya anak- anak akan semakin senang. Pantai  Parangtritis, paling terkenal di Joga yang ini menjadi kebanggan dan unggulan kota Yogyakarta dalam hal pariwisata.

7. Keraton Yogyakarta



Dengan menempati area seluas 1,3 km persegi keraton dibangun dengan konsep kosmologi jawa yakni alam terbagi menjadi 3 bagian yakni atas sebagai tempat para dewa kemudian bagian tengah sebagai tempat manusia dan bawah sebagai tempat kekuatan jahat, sedangkan bagian atas dan bawah dibagi lagi masing masing menjadi 3 bagian yang seluruhnya jadi 7 bagian. Bagian tersebut adalah :

  1. Lingkungan Alun alun utarasampai siti Hinggil utara
  2. Keben atau kemandungan utara
  3. Sri Manganti
  4. Pusat Kraton
  5. Kemagangan
  6. Kemandungan Kidul
  7. Alun alun selatan sampai siti hinggil selatan

Sedangkan secara tata ruang keraton di susun dengan pola kosentrik yakni :

  1. Lapisan luar, disini terdapat Alun alun utara dan selatan dengan masing masing antributnya. Alun alun utara dengan Masjid Agung, Pekapalan, Pagelaran dan pasar yang membentuk catur gatara tunggal. Alun – alun Selatan dengan Kandang Gajah kepatihan sebagai prasaranan birokrasi dan Benteng sebagai prasarana militer.
  2. Lapisan kedua, Siti Hinggil merupakan halaman dengan pelataran yang ditinggikan. Ini juga terdapat di sisi utara dan selatan. Siti Hinggil utara ada bangsal witana dan bangsal manguntur tangkil tempat untuk mengadakan upacara kenegaraan, sedangkan siti hinggil selatan digunakan untuk melihat latihan keprajuritan. Bagian terakhir pada lapisan kedua ini adalah supit urang/pamengkang yaitu jalan yang melingkari Siti Hinggil.
  3. Lapisan ketiga berupa Pelataran Kemandhungan utara dan selatan. Ini merupakan ruang transisi menuju pusat. Pada pelataran kemandungan utara terdapat bangsal pancaniti sebagai tempat sultan melakukan pengadilan khusus perkara yang ditangani raja. Selain itu sebagai ruang tunggu abdi dalem untuk menghadap raja.
  4. Lapisan ke empat terdiri dari Pelataran Sri Manganti dengan bangsal Sri manganti sebagai ruang tunggu menghadap raja, dibagian ini juga terdapat bangsal trajumas di utara pelataran kemagangan dan bangsal kemagangan disisi selatannya.
  5. Lapisan akhir adalah merupakan pusatnya yakni terdapat pelataran kedhaton yang terdiri dari Tratag, Pendhopo, pringgitan dalem.

Sebagai penghubung antar pelataran dibatasi dengan benteng dan gerbang sehingga terdapat 9 gerbang pada 9 pelataran dan nama gerbang tersebut adalah Gerbang Pangurakan, Gerbang Brajanala, Gerbang Srimanganti, Gerbang Danapratapa, Gerbang Kemagangan, Gerbang Gadung Mlathi, Gerbang Kamandhungan, Gerbang Gadhing, dan Gerbang Tarub Agung.

8. Kaliurang



Kaliurang, Tempat berkumpul keluarga dengan ketinggian 900 meter diatas permukaan laut, tentunya kenyamanan dan keindahan alam dengan kesejukan khas pegunungan bisa anda dapatkan disini, tempat yang sudah tidak asing lagi bagi wisatawan dalam dan luar negeri. Tempat ini dilengkapi dengan berbagai macam fasilitas, untuk anak-anak ada taman rekreasi dimana anak anak bisa bermain-main. Ada kolam renang mini, ayunan, papan luncur, dan berbagai macam permainan yang pasti putra putri anda akan menyukainya. 

Jika anda yang suka petualangan anda bisa mendaki bukit plawangan dan mencapai sampai mencapai tempat yang dinamai puncak pronowijo, dari puncak ini anda bisa melihat indahnya kota jogja dari atas dan tentunya pemandangan yang fenomenal kita bisa melihat istimewanya gunung merapi dengan jelas. Tak cukup sampai disitu anda juga bisa menemukan air terjun tlogo muncar, tak begitu besar debit airnya namun begitu ini untuk menyegarkan pikiran, tentunya anda yang ingin berbasah- basah bisa menikmati kolam alami yang dinamai telogo putri, fasilitas dan kegiatan bersama keluarga yang menyenangkan bisa anda dapatkan semuanya disini.

9. Pasar Beringharjo



Ingin menemukan berbagai macam batik dengan harga yang murah tentunya dengan kualitas batik yang baik, tentunya ini tempat yang harus anda tuju, pasar  beringharjo, surganya batik di Yogyakarta. Banyak wisata mancanegara maupun wisatawan dalam negeri datang kepasar ini untuk membeli seni dan budaya bangsa Indonesia yang luar biasa itu. Anda bisa menemukan  berbagai macam batik dipasar beringharjo ini mulai dari batik Yogyakarta, batik Solo dan batik Pekalongan dari yang sudah berbentuk baju, sarung, pakaian anak- anak, pakaian wanita ataupun yang masih berupa kain, semua itu bisa anda temukan dipasar tradisional ini.

10. Kampung Wijilan



Surga masakan khas dan masakan yang menjadi icon kota Yogyakarta” Gudeg Jogja” , bagi anda pecinta wisata kuliner inilah tempat yang harus anda kunjungi, kenikmatan khas gudeg jogja bisa anda temukan di rumah makan di kampung wijilan yang merupakan kampong sentra gudeg jogja ini. Tak lengkap liburan anda ke Yogyakarta jika tidak menikmati makanan khas yang sudah terkenal oleh wisatawan Mancanegara dan domestik ini. Gudeg Jogja berbahan dasar Gori atau nangka muda , yang dikukus sekitar 24 jam dalam suhu yang sangat panas untuk menguapkan kuahnya. Gudeg Jogja berbeda dengan Gudeg yang lain karena tidak berkuah, gudeg kering berwarna coklat tua kemerah- merahan dengan rasa yang manis dan gurih. Gudeg Jogja ini bisa anda nikmati dengan berbagai lauk, mulai dari daging ayam dan telur yang direbus  dan dipindang hingga berwarna coklat,dipadu dengan rasa pedas yang didapat dari perpaduan tempe dan sambel krecek menjadikan gudeg ini mempunyai cita rasa pedas manis yang bisa membuat lidah anda bergoyang. 

Anda bisa menikmati gudeg ini dengan harga yang bervariasi mulai dari Rp.5.000 sampai puluhan ribu rupiah tergantung dari jenis lauk yang anda pilih. Bagi anda berminat untuk melihat proses pembuatan gudeg Jogja, dari beberapa warung yang ada di Kampung Wijilan memperbolehkan anda untuk melihat langsung proses pembuatan gudeg Jogja ini, jika anda penasaran dengan proses pembuatanya.

source
Share this article now on :

Post a Comment