KEINDAHAN TELAGA SARANGAN


Telaga Sarangan / Danau Sarangan yang juga dikenal sebagai telaga pasir ini adalah sebuah danau alami yang terletak di kaki Gunung Lawu, di Kecamatan Plaosan, Kabupaten Magetan, Jawa Timur.

Berjarak sekitar 16 kilometer arah barat kota Magetan. Telaga ini luasnya sekitar 30 hektar dengan   kedalaman 28 meter. Dengan suhu udara antara 18 hingga 25 derajat Celcius.

Keunikan Telaga Sarangan adalah di tengah telaga tersebut ada pulau kecil alam yang bentuknya mirip pulau Samosir di danau Toba Sumatera Utara.Namun jaraknya tidak jauh sekitar 300 - 500 meter dari tepi telaga. Jadi para wisatawan bisa menuju ke tengag pulau tersebut dengan memyewa sepeda air atau perahu.

Telaga Sarangan mampu menarik ratusan ribu pengunjung setiap tahunnya.Telaga Sarangan merupakan obyek wisata andalan Magetan. Di sekeliling telaga terdapat dua hotel berbintang, 43 hotel kelas melati, dan 18 pondok wisata.

Di samping puluhan kios cindera mata pengunjung dapat pula menikmati indahnya Sarangan dengan berkuda mengitari telaga, atau mengendarai speed boot.

Fasilitas obyek wisata lainnya pun tersedia, misalnya rumah makan, tempat bermain, pasar wisata, tempat parkir, sarana telepon umum, tempat ibadah, dan taman.Keberadaan 19 rumah makan di sekitar telaga menjadikan para pengunjung memiliki banyak alternatif pilihan menu.

Demikian pula keberadaan pedagang kaki lima yang menawarkan berbagai suvenir telah memberikan kemudahan kepada pengunjung untuk membeli oleh-oleh. Hidangan khas yang dijajakan di sekitar telaga adalah sate Kelinci.

Potensi pendapatan daerah Kabupaten Magetan juga tertolong dengan adanya potensi industri kecil setempat yang mampu memproduksi kerajinan untuk suvenir, misalnya anyaman bambu, kerajinan kulit, dan produk makanan khas seperti emping melinjo dan lempeng (kerupuk dari nasi).Telaga Sarangan juga memiliki layanan jasa sewa perahu dan becak air. Ada 51 perahu motor dan 13 sepeda air yang dapat digunakan untuk menjelajahi telaga.

Telaga Sarangan juga memiliki beberapa kalender event penting tahunan,  yaitu labuh sesaji  yang dikenal dengan istilah Larung Sajen pada Jumat Pon bulan Ruwah, liburan sekolah di pertengahan tahun, yang dikenal dengan acara Ledug Suro 1 Muharram  untuk perhitungana tanggal Jawa  atau perhitungan kalender Islam, dan pesta kembang api di malam pergantian Tahun Baru

Karena letaknya  tepat perbatasan antara Propinsi Jawa Timur dan Propinsi Jawa Tengah, maka Pemda Kabupaten Magetan dan Kabupaten Karang Anyar membuat proyek jalan tembus yang menghubungkan Telaga Sarangan dengan obyek wisata Tawangmangu di Kabupaten Karanganyar Jawa Tengah. Proyek pelebaran dan pelandaian Jalan curam yang menghubungkan dua daerah tersebut.

Obyek wisata ini dapat ditempuh dari Kota Magetan  dan lokasinya tak jauh dengan Air Terjun Grojogan Sewu. Tawangmangu. Kab. Karang Anyar - Jawa Tengah.

Umumnya Pada liburan panjang anak sekolah, lokasi  Telaga Sarangan menjadi pilihan farvorit bagi yang ingin berlibur bersama keluarga.