Hi, guest ! welcome to Indonesia Punya Cerita. | About Us | Contact | Register | Sign In

Tuesday, February 5, 2013

MISTERI GUNUNG GAMALAMA - PULAU TERNATE


Sudah lama sepertinya sejak terakhir kali kita membahas tentang wisata ke pegunungan, kali ini kami akan mengajak anda untuk berkunjung ke Pulau Ternate yang berlokasi di Maluku Utara. Apakah anda tahu kira-kira gunung apa yang terkenal di tempat itu? Kali ini kita akan membahas tentang Gunung Gamalama. Anda mungkin akan langsung teringat dengan komedian Dorce Gamalama. Terlepas ada atau tidaknya hubungan nama Dorce Gamalama dengan gunung ini, mari kita simak apa saja hal menarik dari gunung ini. Gunung Gamalama adalah sebuah mahakarya alam yang luar biasa dan ini merupakan salah Gunung yang sangat penting bagi penduduk Ternate. Jika di Jawa kita mengenal Gunung Semeru dengan semua keindahannya, maka Gunung Gamalama di Maluku juga tidak kalah indah dengan gunung-gunung lain di Indonesia. Berada di ketinggian 1.715 di atas permukaan laut, Gunung Gamalama merupakan lokasi untuk salah satu ritual penting yaitu Kololi Lae yang diselenggarakan setiap satu tahun sekali. Ritual upacara ini adalah mengelilingi Gunung Gamalama sambil memanjatkan doa untuk memperoleh kesejahtraan dan keselamatan bagi semua penduduk disana. Konon, puncak Gunung Gamalama merupakan kuburan bagi para leluhur masyarakat setempat. Dan dalam upacara ini masyarakat juga meminta kepada para leluhur untuk dijaga keselamatannya.

Objek Wisata Gunung Gamalama Ternate Maluku

Gunung Gamalama adalah satu gunung berapi aktif di kawasan Indonesia, dan sejak 1980 sudah beberapa kali meletus. Letusan terbaru terjadi tahun 2011 kemarin. Gunung Gamalama memiliki sebutan lain, yaitu Puncak Ternate. Melihat dari bentuknya, Gunung Gamalama termasuk ke dalam stratovolkano atau gunung berapi yang memiliki bentuk tinggi dan mengerucut. Gunung ini memiliki diameter 11 km dan di dalamnya terdapat kawah, mirip seperti Gunung-gunung lain di wilayah Indonesia.

Objek Wisata Gunung Gamalama Ternate Maluku 2

Akses ke Objek wisata Gunung Gamalama tidak susah, dengan perjalanan darat anda hanya perlu menempuh waktu sekitar 30 menit dari Kota Ternate. Tidak ada biaya yang perlu anda keluarkan untuk mendaki gunung, hanya saja sebaiknya anda berdoa terlebih dahulu sebelum berangkat. Selain itu anda juga "sopan" dalam mendaki gunung, bagaimanapun juga Gamalama tetaplah sebuah gunung yang menurut kita orang Indonesia merupakan tempat sakral dan menyimpan sejuta misteri. Ada satu kepercayaan unik yang berkembang disini, yaitu untuk mendaki Gunung Gamalama anda harus pergi dengan orang lain dalam jumlah genap. Masyarakat Ternate percaya bahwa mendaki dalam jumlah ganjil bisa membuat salah satunya celaka.

Objek Wisata Gunung Gamalama Ternate Maluku 3

Banyak hal menarik yang bisa anda lihat di sepanjang perjalanan, seperti hamparan tanaman cengkeh yang luas, kebun pala di lereng gunung, hutan yang masih hijau dan asri, serta pemandangan Pulau Ternate yang bisa anda lihat dengan jelas di puncak Gunung Gamalama. Selain itu anda juga bisa melihat Pulau Halmahera, Tidore, serta hamparan Laut yang luas dari atas sini.

Objek Wisata Gunung Gamalama Ternate Maluku 4

Objek Wisata Gunung Gamalama Ternate Maluku 5

Ada satu pemandangan menarik yang bisa anda saksikan di kaki Gunung Gamalama. Dulu saat terjadi letusan besar tahun 1755, tidak hanya banyak nyawa manusia yang melayang, namun juga menyisakan fenomena unik. Letusan tersebut mengeluarkan banyak lava dan mengumpul di kaki gunung hingga akhirnya dingin dan mengering. Kini bongkahan lava yang menghitam tersebut dijadikan sebagai salah satu tempat wisata yang disebut dengan Batu Angus. Jika anda kebetulan sedang berada di Gunung Gamalama, tidak ada salahnya mampir kesini untuk sekedar berfoto-foto karena pemandangan seperti ini sulit ditemukan di pegunungan lain di Indonesia.

Share this article now on :

Post a Comment