5 PULAU CANTIK DI FLORES


Ada 5 pulau cantik di Flores yang wajib Anda kunjungi. Pulau-pulau tersebut memiliki panorama alam yang sempurna, mulai dari pantai berpasir putih, bawah laut yang penuh ikan dan karang, hingga komodo sebagai naga purba. Cantik!

Terletak di Nusa Tenggara Timur, Flores memiliki sisi kecantikan ala timur Indonesia. Ya, perairan yang biru jernih, pantai berpasir putih, dan teriknya matahari dapat Anda nikmati di sana. Pulau-pulau kecil dengan segudang pesona alam juga menjadi suguhan dari Flores. berikut 5 pulau cantik di Flores:

1. Pulau Komodo

Nama pulau ini sudah tidak asing lagi. Tak hanya itu, tidak sedikit traveler dari berbagai belahan dunia bermimpi untuk datang ke pulau ini. Ada dua hal yang dapat Anda temukan di sini, yaitu naga purba dan pantai dengan pasir berwarna pink. Dari Labuan Bajo, dibutuhkan waktu selama 4 jam untuk tiba di Pulau Komodo.


Di pulau inilah Anda akan menemukan komodo. Kadal raksasa yang dijuluki si naga purba ini memiliki kulit yang cokelat hitam dan lidahnya yang suka menjulur keluar. Tenang saja, Anda akan aman selama dalam pantauan ranger.

Memandangi komodo dari dekat akan menjadi pengalaman yang tidak terlupakan. Tak hanya memandangi, Anda juga bisa berfoto bersama hewan ini. Seru!

Setelah itu, Anda bisa treking untuk menuju ke Pink Beach. Hamparan padang ilalang dengan perbukitan hijau akan menyeka pandangan Anda selama perjalanan. Setibanya di Pantai Pink Beach, rasa takjub Anda akan semakin bertambah. Butiran pasir di sini yang berwarna pink, kemungkinan besar berasal dari pecahan kerang dan biota laut yang hidup di sana. Silakan menikmati pantai dan bernang sepuasnya di sana.

2. Pulau Rinca

Sama seperti Pulau Komodo, Anda bisa menemukan banyak si naga purba tersebut di Pulau Rinca. Selain itu, treking di Pulau Rinca adalah kegiatan seru dan sangat menyenangkan. Seperti apa ya?


Keindahan daratan pulau ini patut diacungi jempol. Pulau Rinca merupakan perbukitan savana yang membuat Anda merasa sedang berada di Afrika, karena hampir seluruh permukaan pulau merupakan padang savana. Rute trekkingnya pun sama sekali tidak membosankan. Anda akan diajak menanjak, menurun, melewati bebatuan dan hutan.

Saat ada di puncak bukit, berhentilah sejenak dan lihat sekeliling. Birunya laut terlihat bergradasi dengan birunya langit, ditambah dengan hijaunya pepohonan di kejauhan. Sungguh panorama yang indah dipandang. Tak selamanya Anda akan berada di bawah mentari, ada saatnya rute akan memasuki hutan.

Tak jarang, Anda akan bertemu komodo saat menelusuri pulau ini. Pulau yang masuk dalam kawasan Taman Nasional Komodo ini memiliki jumlah komodo terbesar dibanding pulau-pulau lainnya. Seru! Anda dapat menuju pulau ini dari Labuan Bajo selama 2 jam saja.

3. Pulau Adonara

Sempurna! Itulah kata yang patut diucapkan saat berada di pulau ini. Pulau yang dibatasi oleh Laut Flores dan Selat Solor ini memiliki laut biru nan bersih, serta keindahan bukit hijau yang berpadu dengan putihnya langit.


Setelah menyeberang dengan kapal kayu dari pelabuhan di Kota Larantuka, Anda akan melihat laut di sekeliling Pulau Adonara yang sangat biru dan bersih. Tidak terlihat sampah atau apa pun yang mengambang di atas airnya. Di bawah airnya, terlihat jelas ikan-ikan dan karang laut.

Pulau Adonara juga punya pantai berpasir putih. Di tempat Anda mendaratkan kaki di pulau ini, Anda akan disambut oleh putihnya pasir pantai. Dengan terik matahari, pemandangan pantainya sungguh memesona.

Memasuki pulau ini, Anda akan bertemu dengan penduduk-penduduk setempat dan melihat bentangan alam yang menawan. Ada perbukitan hijau yang menjadi kesegaran tersendiri di depan Anda.

4. Pulau Kanawa

Berkunjung ke Pulau Kanawa akan membuat Anda jatuh cinta. Alam di pulau ini memiliki pantai yang indah dan kehidupan bawah laut yang istimewa. Letaknya hanya sekitar 15 km dari Labuan Bajo, NTT. Tak cukup sekali ke Pulau Kanawa.


Luas pulau ini hanya 32 hektar, tetapi keindahannya sungguh menawan. Pesona pantainya akan membuat Anda takjub, pasir putihnya berbatasan dengan air laut yang biru kehijauan.

Terumbu karang di sekeliling pulau ini juga cantik dan masih alami. Saat matahari terik, pemandangan terumbu karang dapat Anda lihat langsung dari bukit-bukit. Siapkan juga diri Anda untuk snorkeling dan diving di sini.

Saat sore hari, air laut Pulau Kanawa akan surut. Saat itu pula, Anda dapat memegang bintang laut dan kepiting kecil yang ada di pesisir pantai. Fenomena alam ini menjadi yang paling digemari wisatawan saat berkunjung ke Pulau Kanawa. Bintang-bintang laut yang lucu dapat Anda temukan langsung tanpa harus berenang.

5. Pulau Kalong

Ingin berkunjung ke 'rumah Batman'? Datang saja ke Pulau Kalong di Flores. Pulau ini tak berpenghunui ini terletak sekitar 1 jam perjalanan laut dari Labuan Bajo dan masih masuk dalam kawasan Taman Nasional Komodo.


Pulau Kalong adalah rumah ribuan kelelawar. Dalam perjalanan menjelajah TN Komodo, Pulau Kalong jadi penutup cantik di penghujung hari. Biasanya, nakhoda perahu menyamakan waktu agar sampai di pulau ini saat matahari tenggelam, di mana atraksi para kelelawar sedang berlangsung.

Pemandangan langit senja dihiasi ribuan titik hitam menyebar dari sebuah pulau tak berpenghuni ini bisa dinikmati mulai pukul 18.00 atau 18.15 Wita. Luar biasa! Ribuan kelelawar berterbangan di angkasa.

Pulau tak berpenghuni ini hampir tidak pernah dimasuki oleh manusia. Diduga, selain jadi markas kelelawar, pulau ini juga jadi markas ular sanca.