PULAU SERAM - SURGA YANG TERSEMBUNYI


Pulau Seram punya sejuta pesona yang belum banyak dijamah manusia. Perairan lepas pantai Sawai terkenal dengan kejernihan airnya, termasuk juga Pulau Kelelawar yang menjadi habitat alaminya.

Negeri Sawai merupakan sebuah negeri adat yang terdapat di Kecamatan Seram Utara Kab. Maluku Tengah Provinsi Maluku, dengan memiliki petuanan dan 5 anak dusun yaitu Masihulang, Rumaolat, Besi, Opin dan Olong.

Desa Sawai juga masuk dalam daerah Taman Nasional Manusela sehingga tidak heran kondisi alamnya sangat terjaga, meski seperti pada tebing-tebing karang yang menjulang terlihat coretan tangan yang mengotori dinding alam

Untuk mencapai desa Sawai dapat menggunakan dua cara dari Masohi Ibu kota kabupaten Maluku tengah yaitu dengan menggunakan mobil lansung ke Masohi – Sawai dengan rute melalui pegunungan yang terkenal dengan lekukan SS yang lumayan bikin merinding sekitar 4 jam, atau mengambil rute ke Masohi – Dusun Saka sekitar 2 Jam perjalanan kemudian dilanjutkan dengan menggunakan Long Boat sekitar 30 menit untuk mencapai Sawai.

Sungai Salawai yang ada di desa ini merupakan habitat beberapa hewan liar seperti buaya, rusa, dan babi hutan. Sungai ini memiliki lebar 6-7 meter. Masyarakat lokal seringkali mencuci sagu di bantarannya. Jika mengarungi sungai menggunakan sampan, Anda bisa menyaksikan buaya yang sedang berjemur di tepiannya!

Dari desa ini, Anda bisa menyeberang pulau menggunakan kapal motor menuju beberapa pulau di lepas pantai utaranya. Hanya 30 menit perjalanan menggunakan kapal motor untuk mencapai pulau terdekat. Perairan di sekitar pulau-pulau ini adalah tempat ideal untuk menyelam dan berenang.

Pulau Sawai dan Pulau Raja adalah dua yang paling banyak dikunjungi wisatawan. Sayangnya, mayoritas wisatawan yang datang ke tempat ini berasal dari luar negeri alias mancanegara. Pantai di Pulau Raja sangat indah dan alami. Anda masih bisa menyaksikan beragam jenis burung, kupu-kupu, serta anggrek hutan langka di pulau ini.

Setelah puas berenang di perairan sekitar dua pulau ini, Anda bisa melanjutkan perjalanan ke Pulau Kelelawar. Sebenarnya fisik pulau ini tak seperti 'pulau' pada umumnya, hanya ada kumpulan pohon bakau yang lebat. Hutan bakau inilah yang menjadi habitat kelelawar, dengan nama lokal Marsegu.

Perjalanan ke Pulau Kelelawar hanya bisa dilakukan ketika air laut sedang pasang. Jika surut, kapal tak akan bisa masuk ke pintu masuk karena rapatnya pepohonan dan tanaman rumput laut yang hidup di bawahnya. Dari pintu masuknya, terbentang jalan kayu agar Anda bisa memantau kehidupan hewan malam ini dengan lebih mudah.

Tips Berlibur Ke Sawai, rencakan perjalanan termasuk mempertimbangkan akomodasi transporatsi, cuaca, tour yang ingin dinikmati di Sawai dan kesiapan fisik tentunya. Waktu kunjungan terbaik sekitar bulan september – oktober atau bulan-bulan februari. Tidak ada salahnya untuk melakukan cek ulang sehingga lebih valid, jangan sampai setibanya disana hanya menikmati rintik hujan saja.

Merancang transportasi setibanya di kota Ambon sangat penting. Sebaiknya transportasi sudah siap ketika masih berada di kota Ambon. Jika anda mengambil rute ke Saka, maka pastikan dari pihak penginapan sudah mengetahui kedatangan sehingga mereka bisa menjemput di Saka.

sumber : www.oktomagazine.com