WISATA BUDAYA DI KAMPUNG NAGA


Bosan dengan kehidupan kota metropolitan yang dipenuhi gedung-gedung pencakar langit? Anda bisa mengambil waktu liburan untuk mengunjungi Kampung Naga, Desa Neglasari, Kecamatan Salawu, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat.

Kampung Naga merupakan suatu perkampungan yang dihuni sekelompok masyarakat yang sangat kuat dalam memegang adat istiadat peninggalan leluhurnya, dalam hal ini adalah adat Sunda.

Seperti pemukiman Badui, Kampung Naga menjadi objek kajian antropologi mengenai kehidupan masyarakat pedesaan Sunda di masa peralihan dari pengaruh Hindu menuju pengaruh Islam di Jawa Barat.

Kampung yang memiliki luas 1,5 hektare ini masih sangat terlihat “hijau” dan sama sekali belum  dipengaruhi oleh modernisasi. Sekira 311 orang tinggal di desa ini. Lokasi Kampung Naga tidak jauh dari jalan raya yang menghubungkan Kota Garut dengan Kota Tasikmalaya.

Kampung ini berada di lembah yang subur, dengan batas wilayah di sebelah barat Kampung Naga dibatasi oleh hutan keramat karena terdapat makam leluhur masyarakat Kampung Naga. 

Setibanya di kampung ini, Anda akan melihat ratusan pohon-pohon yang tumbuh tinggi, sawah hijau, dan Sungai Ciwulang panjang. Selain itu, Anda akan menghirup udara sejuk dan suara gemericik air sungai di kejauhan.
okezone.com