INDAHNYA AIR TERJUN PENGANTIN DI NGAWI


Keberadaan Air Terjun yang bersandingan, membuat masyarakat sekitar menamainya dengan Grojokan Pengantin. Indahnya wisata alam ini tepatnya berada di Dusun Besek, Desa Hargomulyo Kec. Ngrambe Kab. Ngawi. Kedua lokasi air terjun yang potensi itu, sangat cocok untuk kegiatan camping ground, outbond dan wisata adventure (off roader).

Dusun Besek, Desa Hargomulyo, Kecamatan Ngrambe, kini berubah dari daerah pertanian menjadi daerah wisata. Perubahan tersebut tidak lepas dari tingginya kreativitas masyarakat yang bermukim disekitar lokasi air terjun Pengantin dan air terjun Suwono. Kedua air terjun tersebut terletak di daerah ketinggian dilingkari bukit-bukit punya keindahan alam yang mempesona terutama di kawasan obyek wisata air terjun sendiri. “Ada dua lokasi air terjun di Desa Hargomulyo yang masih perawan. Jika dikembangkan sesuai visi Kota Ngawi, maka Desa Hargomulyo akan menjadi kawasan wisata terindah didaerah ini,” ujar tokoh pemuda Desa Hargomulyo, Biniarto (40 th).


Air terjun Pengantin dan air terjun Suwono dengan debet airnya yang melimpah ruah ini, menyebabkan desanya menjadi subur. Desa yang punya luas wilayah 200 Ha ini, 30 persen (60 Ha) di antaranya merupakan areal persawahan. Selain itu desa berpenduduk 601 jiwa atau 164 KK ini juga potensi di bidang pertanian, perikanan dan perkebunan rakyat. Kedua lokasi air terjun yang potensi itu, sangat cocok untuk kegiatan camping ground, outbond dan wisata adventure (off roader).

Jarak tempuh kedua air terjun tersebut dengan kantor Desa Hargomulyo hanya 1 Km atau setengah jam dengan berjalan kaki.