MONUMEN SERANGAN UMUM 1 MARET YOGYAKARTA


Kota jogja mempunyai peranan penting tentang perjalanan bangsa Indonesia dalam mencapai kemerdekaannya. Beberapa bangunan dan tempat tempat bersejarah sangat banyak dijumpai  dikota ini. Ini membuktikan bahwa semasa perjuangan kemerdekaan kota yogya menjadi salah satu peran dalam sejarah bangsa. Salah satu bangunan tersebut berada dijantung kota Yogyakarta tepatnya berada dalam satu area di titik nol kota Yogyakarta yakni berada disisi sebelah timur laut. Bangunan tersebut diresmikan oleh Sri Sultan Hamengku Buwono IX pada tahun 1973, yang diberi namaMonumen Serangan Umum 1 Maret. Monumen tersebut di bangun sebagai peringatan atas perjuangan Tentara Nasional Indonesia untuk merebut kota Yogyakarta yang waktu itu sebagai ibukota Negara yakni pada tanggal 1 Maret 1949. Kawasan ini memang terdiri dari beberapa bangunan penting diantaranya ada Kantor Pos Benteng Vredeburg dan juga Kraton serta istana kepresidenan Gedung Agung yang pernah sebagai pusat pemerintahan Negara Indonesia.

Monumen ini menjadi satu peringatan dimana Tentara Nasional Indonesia waktu itu merebut kota Yogyakarta dari tangan Belanda selama enam jam dan diawali tepat pukul enam pagi Tentara Nasional Indonesia menyerbu pos pos Belanda dan akhirnya berhasil. Walaupun hanya selama enam jam kota diduduki namun dampak yang sangat besar berhasil membuka mata dunia bahwa bangsa Indonesia yang beribukota di Yogyakatra waktu itu keberadaannya dapat terlihat dimata international.

Pelataran monument ini sering digunakan untuk beberapa acara karena memang letaknya sangat strategis, baik acara konser musik, pertunjukan seni budaya yang berskala besar ataupun hanya sekedar sekelompok komunitas yang menjadikan tempat ini sebagai tempat berkumpul. Monument serangan umum 1 Maret seakan tiada hari tanpa pengunjung. Suasana senantiasa ramai dikunjungi, walaupun hanya sekedar berfoto foto dengan latar belakang monument yang sangat indah menjadikan kenangan tersendiri. Ini juga dikarenakan tempat wisata lain sangat berdekatan sehingga bisa menghemat waktu dalam berwisata. Bisa ke kraton serta lingkupnya, Taman pendidikan Taman Pintar, atau mau belanja di Pasar Tradisional di Pasar Beringharjo semuanya bisa berjalan kaki tidak lebih dari 15 menit dan yang paling dekat adalah ke Benteng Vredeburg dan Gedung Agung.

Sumber : http://yogyakarta.panduanwisata.com