Hi, guest ! welcome to Indonesia Punya Cerita. | About Us | Contact | Register | Sign In

Saturday, March 23, 2013

PANTAI NEMPU - SURGA TERSEMBUNYI DI WONOGIRI


Pantai NempuMungkin memang banyak yang belum tahu tentang Pantai Nampu di Kabupaten Wonogiri ini. Yang menyimpan keindahan dan eksotis pantai ini, bisa jadi dikarenakan pemda setempat tak begitu mengekspos pantai ini.

Berlokasi di Kecamatan Paranggupito, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah, Indonesia. Pantai Nampu dapat di tempuh kira-kira 2 jam dari Kota Wonogiri , rute perjalanan jika dari Solo trus ke Wonogiri – lewat Pracimantoro – Giribelah – Paranggupito sampailah di Pantai Nampu dengan keindahannya.

Pantai Nempu

Pantai yang indah diujung selatan kota Wonogiri, karena pantai ini masih bersaudara dengan pantai selatan ombaknya pun tak jauh beda dengan pantai selatan, Gemuruh ya itu sambutan pertama ketika kita sampai di pantai ini, dan lambain pandan liar pun seakan menyapa, ketika kita sampai di pantai ini, pantai ini dikelilingi begitu banyak pandan liar.
Pantai Nampu memiliki pemandangan indah khas pantai yang masih perawan (belum tersentuh tangan manusia). Ada tebing batu di sisi pantai yang sangat indah , pantai pasir putih yang bersih, semilir angin laut yang terkadang begitu kencang, sehingga sangat cocok untuk Anda yang hobi bermain layang-layang.

Karena tidak banyak orang yang tahu keberadaan pantai Nampu, lokasi objek wisata ini relatif sepi, bisa jadi Anda seperti mengunjungi pantai pribadi Anda sendiri. Di pantai ini Anda bisa mengajak keluarga, teman-teman, ataupun orang terdekat menikmati suasana pantai yang begitu privat.

Akivitas apa pun sebatas tidak melanggar hukum dan nilai-nilai sosial dapat Anda lakukan. Bermain voli atau mencoba futsal di pasir putih yang luas di Pantai Nampu, kenapa tidak coba Anda lakukan. Sensasi bermain bola di pasir pantai tentu jauh berbeda dengan bermain bola di lapangan atau di rumput. Jika air laut surut, Anda bisa melihat karang-karang indah di tepi pantai. Namun berhati-hatilah, ada beberapa karang yang tajam dan licin. Sebaiknya gunakan alas kaki saat berjalan-jalan melihat karang-karang ini. Biasanya di sekitar karang tersebut Anda akan menemukan ikan kecil-kecil berbagai warna berenang di balik karang-karang, tentu sangat menyenangkan mengamati gerak-gerik mereka.

Keindahan Pantai Nampu

Namun sayang, di Nampu yang masih alami ini tidak terdapat pos penjagaan. Sehingga Anda perlu hati-hati jika hendak berenang di laut, karena jika sewaktu-waktu ombak yang tinggi bisa membahayakan keselamatan Anda. Jika Anda membawa anak kecil, perhatikan mereka dengan baik, jangan sampai terlalu jauh ke laut tanpa pendamping. Selain itu, di kawasan wisata pantai Nampu ini juga jarang orang berjualan.

Jadi, lebih baik Anda mempersiapkan bekal makanan dan minuman yang cukup sebagai bekal wisata ke pantai Nampu. Jalan menuju pantai Nampu sudah beraspal, namun karena kondisi jalan yang menikung dan terjal, Anda harus ekstra waspada dalam mengendarai kendaraan . Untuk transportasi umum, belum banyak mobil angkutan yang mencapai wilayah obyek wisata ini.

Maklum, tidak banyak orang mengetahui keberadaan pantai nan indah ini. Jika hendak menginap, sebaiknya Anda melaporkan diri kepada kepala dusun terdekat sehingga keberadaan Anda diketahui masyarakat sekitar yang biasa mencari ikan di pantai Nampu. Hal ini agar masyarakat di sekitar mengetahui keberadaan Anda, untuk saling menjaga.
Share this article now on :

Post a Comment