WISATA KOTA BANTEN


1. Masjid Agung Banten


sebuah tempat wisata yang terletak di banten lama. Dimana disana terdapat sebuah masjid tua yang menjadi saksi sejarah provinsi banten. Di masjid inilah kita dapat melihat sisa-sisa kerajaan islam yang ada di banten dulu. Selain itu, di sekitar masjid agung banten ini juga terdapat makam-makam para tokoh agama dan pejuang dulu. Yang kerap kali di kunjungi atau menjadi tempat ziarah para masyarakat banten. Tempat wisata ini sangat cocok bagi kita yang ingin mendapatkan wisata religius sekaligus mempelajari sejarah islam di provinsi banten.

2. Taman Nasional Ujung Kulon


taman nasional ujung kulon merupakan salah satu taman nasional dan konservasi alam di indonesia. Taman nasional ujung kulon ini terdiri dari bebarapa pulau kecil yang menjadi habitat para satwa. Dan yang menjadi primadona di taman ini adalah badak bercula satu. Hewan langka yang sekarang habitatnya sangat dilindungi oleh negara. Karena taman nasional ujung kulon ini terdiri dari pulau-pulau kecil. Maka lokasinya juga berdekatan dengan pulau-pulau lain seperti pulau peucang, pulau handeuleum, dan dan pulau panaitan. Untuk mencapai lokasi taman nasional ini, kita bisa mengunakan perahu dari daerah labuan. Dan di pulau ini juga sudah terdapat penginapan, saran komunikasi, dan berbagai macam fasilitas yang memang disediakan untuk para wisatawan yang mengunjungi pulau ini.

3. Pulau Dua (Pulau Burung)


jika kita ingin menikmati keindahan bawah laut. Maka pulau dua atau biasa disebut pulau burung ini merupakan pilihan yang tepat untuk berrekreasi. Pulau ini memiliki keindahan laut yang luar biasa, yang tidak kalah indahnya seperti di tempat-tempat lain yang sudah terkenal. Selain memiliki keindahan bawah laut, pulau ini juga selalu dikunjungi tiap tahunnya oleh berbagai macam jenis burung. Ada sekitar 60 jenis burung dari berbagai negara yang singgah di pulau ini sekitar bulan april dan agustus. Jadi, jika kita datang pada waktu yang tepat. Kita bisa menikmati keindahan alam bawah laut pulau ini selain itu juga kita dapat melihat beraneka ragam burung dari barbagai negara di pulau yang terletak di provinsi banten ini.

4. Pulau Umang


pulau umang terletak di kawasan pantai pandeglang. Lokasi pulau ini berdekatan dengan kawasan wisata tanjung lesung. Pulau ini memilki luas 5 ha, dan jika kita ingin merasakan sensasi pulau pribadi. Maka pulau umang ini bisa menjadi alternatif tempat wisata kunjungan kita. Di pulau ini, terdapat resort yang ditata dengan sentuhan artistik alami, dilengkapi dengan ruang pertemuan, kafe, spa, pusat bisnis, sunset lounge, klub pantai, kolam renang dan sebagainya. Selain itu, tersedia fasilitas olahraga dan rekreasi air, jogging track, cross country, lapangan tenis, tempat karaoke, dan lain-lain. Kita dapat menuju ke pulau ini dengan relatif mudah. Maka cocoklah bagi kita yang memilki hobi berwisata di daerah pantai.

5. Gunung Krakatau


siapa yang tidak mengenal letusan gunung pada tahun 1883 yang telah menghebohka dunia. Dimana efek dari letusan gunung itu bisa terasa sampai kawasan eropa. Dan suara letusannya terdengar sampai benua australia. Ya, itulah sebuah gunung yang terletak di perairan selat sunda yaitu gunung krakatau. Ledakan gunung krakatau pada tahun 1883 memang menjadi saksi bisu dahsyatnya bencana di kawasan ini. Tapi sekarang gunung krakatau ini telah menjadi sebuah tempat wisata untuk para pecinta petualang. Tempat wisata ini sangat menjadi favorit bagi para wisatawan asing. Karena keunikannya dan tantangan yang ditawarkan oleh gunung krakatau ini. Setelah letusan pada tahun 1883 itu pula, gunung krakatau ini sekarang mumunculkan gunung baru lagu yang disebut gunung anak krakatau. Gunung anak krakatau ini juga masih akitf sampai sekarang, dan menjadi tempat wisata juga di perairan selat sunda. Maka cocoklah wisata gunung krakatau ini untuk para pecinta petualang.

6. Rawa Dano


sebuah cagar alam yang terletak di kabupaten serang. Ya, rawadano lah tempatnya. Sebuah cagar alam yang elok nan mempesona. Tempat wisata yang sayang jika tidak kita kunjungi jika kita mengunjungi provinsi banten ini. Rawadano merupakan sebuah tempat yang didominasi oleh rawa-rawa dan terdapat danau di tengahnya. Kawasan wisata yang memiliki luas 2.500 ha ditumbuhi berbagai jenis pepohonan. Pesona tersendiri yang dimilki cagar alam rawadano ini lah yang menjadi daya tarik tersendiri untuk tempat wisata ini.

7. Perkampungan Suku Baduy


sebuah perkampungan suku asli yang sudah bertahun - tahun tinggal di banten. Suku ini biasa disebut suku baduy. Dan perkampungan suku baduy inilah yang sering menjadi tempat wisata pagi para pelancong yang mengunjungi provinsi banten. Suku baduy ini masih sangat menjaga adat istiadat dan kebudayaannya. Kemurnian budaya dan adat istiadat ini menjadi sesuatu yang unik. Dan menarik minat para wisatawan untuk mengunjunginya. Kawasan wisata yang terletak di kabupaten pandeglang ini juga merupakan tempat wisata yang cocok untuk para pelajar. Karena kita bisa berlibur sambil mempelajari adat istiadat suku baduy ini.

Sumber : http://www.kaskus.co.id